Memilih Produk Dry Food Untuk Kitten yang Tepat

Memilih Produk Dry Food Untuk Kitten yang Tepat

Dry food atau makanan kering memang menjadi variasi makanan yang bisa dijadikan opsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. Tidak hanya, dry food pun kerap dipilih karena memiliki harga yang lebih terjangkau dan juga lebih praktis dibandingkan dengan wet food. Hanya saja, saat hendak memilih dry food untuk kitten, Anda perlu lebih selektif.

Perlu diketahui bahwa kitten cenderung memiliki sistem pencernaan yang lebih sensitif. Tidak hanya itu, mereka pun juga belum memiliki kemampuan mengunyah dna menelan sebaik kucing dewasa. Dengan demikian, Anda sebenarnya tidak boleh memberikan pakan secara asal-asalan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tips memilih produk dry food yang cocok untuk kitten. Penasaran apa saja tips yang dimaksud? Simak ulasannya!

Tips Mendasar Memilih Dry Food Untuk Kitten

Seperti disinggung sebelumnya, kitten memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna. Oleh karenanya, Anda perlu selektif dalam memilih pakan kucing kering agar tidak menimbulkan masalah pencernaan.

Adapun beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah:

  1. Pilih dry food dengan komposisi yang lengkap dan seimbang

Saat hendak memilih dry food untuk kitten, Anda perlu mengecek komposisi dari produk makanan tersebut. Dalam hal ini, pastikan Anda memilih dry food yang terbuat dari komposisi yang lengkap serta seimbang.

Perlu diketahui bahwa sebagai hewan karnivora, tentu kucing memerlukan daging sebagai makanan pokok. Oleh karenanya, dry food yang baik adalah pakan dengan bahan utama daging, seperti daging ayam, sapi, kalkun, unggas, dan lainnya.

Selain itu, kitten juga memerlukan lemak. Inilah alasan kenapa dry food yang baik adalah pakan dengan kandungan beberapa sumber lemak seperti telur, minyak kedelai dan juga minyak ikan.

  1. Sesuaikan dengan tahapan usia

Hal lain yang penting diperhatikan terkait memilih dry food adalah menyesuaikan pakan tersebut dengan usia dari kitten yang Ada pelihara. Ini adalah salah satu poin yang cukup penting karena usia kitten akan berpengaruh pada kebutuhan nutrisi mereka.

Nah, secara umum, dry food yang tersedia di pasaran akan diberikan tambahan keterangan tentang saran pemberian untuk usia tertentu. Oleh karenanya, pastikan Anda mengecek keterangan tersebut untuk memastikan dry food diberikan pada kitten dengan rentang usia yang tepat.

  1. Pilih pakan dengan formula khusus

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, Anda bisa memilih dry food yang dilengkapi dengan formula khusus. Misalnya saja, ketika Anda memelihara kucing Persia dan ingin membuatnya memiliki bulu yang indah, maka Anda perlu memilih dry food yang dilengkapi dengan formula yang bisa mencegah munculnya hair balls.

Tidak hanya itu, jika kitten yang Anda pelihara memiliki masalah kesehatan tertentu, maka Anda juga perlu memilih pakan khusus. Umumnya, pada kemasan pakan terdapat tambahan informasi tersebut.

Beberapa hal di atas tips mendasar yang perlu diperhatikan saat hendak memilih dry food untuk kitten yang tepat. Nah, untuk rekomendasi, Anda bisa memilih aneka dry food yang disediakan oleh Proplan. Selain menawarkan dry food dengan aneka rasa, Proplan juga menyediakan pakan kucing dengan kualitas yang terjamin.