10 Manfaat Banyak Minum Air Putih

10 Manfaat Banyak Minum Air Putih

Mulai sekarang perbanyak air putih. Karena  Manfaat banyak minum air putih banyak juga. Secara umum, tubuh kita terdiri dari 50% cairan. Jika sampai kurang cairan, dehidrasi tentunya. Meski kita dianjurkan minum air putih, tapi tidak berlebihan juga. Karena lambung terbatas. Kalau over bisa berakibat sakit.

Air putih selama ini dipandang penghilang dahaga saja. Kadang kita lebih suka air teh manis, jus atau bahkan kopi dengan gula. Pokoknya kalau minuman, ya, harus ada rasa manisnya. Di bawah ini ada daftar manfaat jika kita minum air putih.

Takaran Air Putih

Secara umum kebutuhan tubuh pada air putih adalah 2 liter perhari. Tapi, itu tidak mutlak. Karena harus disesuaikan dengan jenis kelamin, usia, tempat tinggal. Lelaki usia 75 tahun kebutuhan air putihnya beda dengan lelaki usia 20 tahun. begitu juga dengan tempat tinggal. Jika Anda tinggal di kutup utara, kebutuhan air beda dengan tinggal di dareah panas.

  • Wanita butuh 8 gelas atau 1,6 liter/hari
  • Lelaki butuh 10 gelas atau 2 liter/hari

Sekarang apa saja manfaatnya? Mari kita simak!

Manfaat Air Putih

Jika Anda banyak minum air putih sampai kebutuah  tubuh tercukupi tentu baik. Sebagai contoh lelaki dewasa, dia harus minum setidaknya 2 liter per hari. Kalau kurang dari itu akan banyak muncul dampaknya. Berikut beberapa manfaat air putih untuk tubuh.

  1. Stamina

Air putih akan meningkatkan stamina. Karena ketika kta beraktivitas cairan akan berkurang. Kalau sampai dehidrasi akan lebih parah lagi, bisa jadi lemas. Tak bertenaga. Nah, cukupnya air putih bisa berakibat energi yang prima.

  1. Mencegah Kardiovaskular

Penelitian menunjukkan, penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.terjadi salah satu sebabnya karena kurang air putih. Para dokter menganjurkan agar cukupi kebutuhan air putih demi mencegah penyakit ini.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Kurangnya cairan tubuh bisa berakibat kentalnya darah. Jika begini tentu efeknya tekanan darah naik,. Untuk menjaga keseimbangan tekanan darah, coba konsumsi air putih dalam jumlah cukup. Ini juga anjuran para dokter.

  1. Mencegah Batu Ginjal

Pernah dengar orang cuci darah? Kenapa sampai begitu. Rata-rata mereka kurang air putih. Ada yang hobi teh manis, ada yang suka extra joss. Air putih kebutuhan ginjal. Jika tidak ada air putih, ginjal terganggu bahkan sampai jad batu mengendap.

  1. Kesehatan Pencernaan

Ini penting dan harus diwaspadai. Air putih yang cukup akan membuat pencernan lancar. Kalau dia sehat tubuh akan sehat pula.

Sampai di sini masih mau menyepelekan air putih? Jangan sampai kurang apalagi tidak pernah konsumsi air putih. Semoga informasi in bermanfaat untuk Anda semua.